Makanan yang Boleh Dikonsumsi dan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Tiroid

by 22.25 0 komentar
            Penyakit Tiroid atau yang dulu dikenal dengan penyakit gondok merupakan penyakit yang disebabkan dari ketidakseimbangan hormon tiroid dalam tubuh. Bila tidak ditangani dengan baik penyakit ini akan menimbulkan resiko penyakit jantung, sulit memiliki anak, gangguan menstruasi dan akibat yang lainnya. Selain menjalani pengobatan dari dokter, penderita juga hendaknya memperhatikan juga asupan makanan yang dikonsumsi supaya tidak memperburuk kondisi penyakitnya.


Apa saja makanan yang boleh dikonsumsi dan yang harus dihindari penderita tiroid berikut ulasannya.
Garam
Kelenjar tiroid  membutuhkan yodium untuk bekerja dengan baik. Kebanyakan orang saat ini mudah mendapatkannya, biasanya melalui garam meja beryodium. Pastikan untuk menggunakan garam yang mengandung yodium, kita bisa memastikannya dengan melihat label kandungan dalam kemasan. Garam laut dan garam yang digunakan dalam kemasan atau makanan olahan biasanya tidak beryodium.
Sayuran Hijau
Bayam, selada, dan sayuran hijau lainnya adalah sumber besar magnesium, yang memainkan peran besar dalam proses tubuh manusia. Tiroid membutuhkan magnesium untuk melakukan tugasnya. Kelelahan, kram otot, dan perubahan dalam sekejap bisa menjadi tanda bahwa tubuh tidak mendapatkan cukup magnesium.
Kacang-kacangan
Kacang mete, almond, dan biji labu merupakan sumber lain yang sangat baik dari magnesium. Kacang Brazil membantu tiroid  dalam dua cara, bukan hanya sumber yang baik dari magnesium, tapi mereka juga kaya akan selenium, yang juga bemanfaat untuk tiroid.
Makanan Laut
Ikan, udang, dan rumput laut merupakan sumber besar yodium. Anda membutuhkan yodium untuk tiroid yang sehat, tapi hindari rumput laut jika Anda memiliki hipertiroidisme, ketika tiroid Anda membuat terlalu banyak hormon yang mengontrol metabolisme, konsumsi tinggi yodium bisa membuatnya lebih buruk.
Kubis
Kubis adalah Goitrogen yaitu jenis sayuran yang mencegah tiroid mendapatkan cukup yodium. Selama makanan kita mengandung cukup yodium, goitrogen seharusnya tidak menjadi masalah. Tapi jikakadar yodium dalam tubuh rendah mengkonsumsi sayuran kubis dapat menyebabkan masalah tiroid. Kubis, brokoli, kembang kol, dan kubis Brussel dalam hal ini dapat memiliki efek yang sama.
Kedelai
Beberapa bahan kimia yang ditemukan dalam produk seperti susu kedelai atau edamame bisa mengganggu kemampuan tiroid Anda untuk membuat hormon, tetapi hanya jika tubuh tidak mendapatkan cukup yodium. Sama seperti dengan kubis, jika kadar yodium Anda cukup, Anda mungkin tidak perlu khawatir tentang makan kedelai.
Jerohan
Jika Anda makan daging jerohan seperti ginjal, jantung, atau hati, tubuh mungkin mendapatkan banyak asam lipoat, atau yang disebut juga asam urat yang merupakan asam lemak yang ditemukan dalam jerohan dan beberapa makanan lainnya.  Tapi jika terlalu banyak mengkonsumsi daging jerohan, hal itu bisa mengganggu cara kerja tiroid. Lipo Acid juga bisa memiliki efek pada pengobatan tiroid .
Gluten dan Tiroid
Gluten adalah protein yang ditemukan dalam gandum, rye, dan barley dan bahan-bahan pembuat roti dan mie. Gluten dapat merusak usus kecil orang dengan penyakit celiac. Kerusakan yang dapat menyebabkan masalah serius dan terkait dengan peningkatan risiko penyakit Hashimoto (yang mengarah ke Hipotiroid) dan penyakit Graves (yang mengarah Hipertiroid).

Beberapa jenis makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi obat tiroid yang diberikan. Kandungan makanan yang dikonsumsi dapat membantu memperlambat atau juga mempercepat  tubuh  menyerap obat yang diberikan. Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar