Gejala dan Pencegahan Penyakit Sirois Hati

by 22.32 0 komentar

Sirosis Hati Bagaimana Gejala dan Pencegahannya   
    Hati adalah satu organ padat terbesar dalam tubuh, beratnya sekitar 1,35 Kg dan merupakah salah satu organ penting dalam tubuh. Hati ini berperan untuk memproduksi protein untuk darah yang membantu transportasi oksigen, pembekuan dan fungsi sistem kekebalan tubuh serta penyimpanan vitamin A. Selain itu, organ ini juga bertanggung jawab untuk menyimpan kelebihan gizi dan mengembalikannya kembali ke dalam aliran darah. Hati memproduksi empedu untuk proses pencernaan makanan dan membantu glukosa tubuh menyimpan dalam bentuk glikogen.
Penyakit sirosis hati adalah penyakit yang perlahan berkembang di mana jaringan hati yang sehat akhirnya digantikan oleh jaringan bekas luka yang kemudian mencegah organ untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Jaringan parut akan cenderung memblokir aliran darah melalui hati dan akhirnya mengurangi kecepatan nutrisi, obat-obatan, racun yang dihasilkan secara alami dan tempat hormon diproses. Selain itu, juga memperlambat produksi protein dan zat lainnya yang dibuat di hati.
Ada banyak penyebab sirosis hati.
  1. Penyebab paling umum adalah konsumsi alkohol dalam jumlah besar. Hal ini menyebabkan kematian sel-sel hati yang sehat dan kemudian menghasilkan jaringan parut di sekitar pembuluh darah di hati.
  2. Hepatitis yang merupakan peradangan hati akibat infeksi virus juga dapat menyebabkan kerusakan serius pada sel-sel hati dan menyebabkan sirosis. Hepatitis B, hepatitis C dan hepatitis D adalah semua penyebabnya.
  3. Penyakit genetik. Penyakit seperti penyakit penyimpanan glikogen, hemochromatism, penyakit Wilsons, galaktosemia dan cystic fibrosis menyebabkan akumulasi abnormal zat beracun yang mengakibatkan kerusakan sel-sel hati.
  4. Sebuah kondisi yang disebut fatty liver non-alkohol juga menyebabkan sirosis hati. Ini dapat terjadi mengikuti penyakit tertentu seperti CAD, obesitas, diabetes tipe II dan penyakit kekurangan gizi protein.
  5. Kondisi lain yang diketahui menyebabkan sirosis hati adalah sirosis bilier, sirosis autoimun, sirosis jantung, infeksi bakteri atau parasit jangka panjang dan banyak obat.
Pada tahap awal sirosis hati, mungkin tidak akan ada tanda-tanda dan gejala. Tetapi dengan berkembangnya penyakit, dapat mengalami kelemahan atau kelelahan, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, kuning, rasa mual, serta kehilangan libido. Pederita sirosis hati bisa merasakan gatal akibat pengendapan kerusakan empedu. Karena pembesaran hati, sakit perut bisa menjadi rutinitas normal. Kadang-kadang, retensi cairan menyebabkan kenaikan berat badan dan bengkak di perut, pergelangan kaki dan masalah pada pernapasan. Karena sirosis hati, racun tidak dieliminasi dari tubuh dan mempengaruhi otak sehingga terjadi gejala seperti delusi, halusinasi, kebingungan, mengantuk dan kadang-kadang bahkan koma. Saat tahap berlangsung, mulai terjadi memar dengan sedikit cedera dan gusi berdarah. Kemacetan hati juga dapat menyebabkan darah dalam tinja dan muntah. Pada tahap lanjut, sekitar 7 persen pasien mendapatkan kanker hati.
Seseorang yang didiagnosa menderita sirosis hati juga tetap masih bisa menikmati makan makanan yang lezat dengan tetap menjaga pola makannya. Ada beberapa bahan makanan yang harus dihindari penderitanya adalah:
  • Alkohol
    Anda harus menghilangkan alkohol sama sekali ke dalam menu yang Anda makan. Tidak ada anggur saat makan malam dan tidak ada sampanye saat memanggang makanan di sebuah pesta. Karena alkohol akan memaksa kerja hati yang merugikan bagi kesehatan hati Anda.
  • Lemak jahat
    Lemak trans maupun lemak jenuh sangat tidak baik untuk kesehatan. Lemak tak sehat akan membuat hati bekerja lebih keras. Sehingga penderita sirosis tidak boleh memasukkan makanan yang mengandung lemak tak sehat terlalu banyak ke dalam menu dietnya dan memasukkan asupan lemak yang sehat sangat dianjurkan. Asupan buah-buahan dan sayuran lebih mudah bagi kerja hati.
  • Garam
    Membatasi konsumsi garam dalam masakan yang dibuat sendiri maupun dalam makanan kemasan yang dimakan.
Sayangnya, tidak ada obat untuk sirosis hati. Namun, ada sejumlah perawatan yang dapat menunda atau menghentikan perkembangan penyakit, membantu meminimalkan kerusakan pada sel-sel dan juga mengurangi komplikasi. Obat juga dapat diberikan dengan tujuan untuk mengontrol kondisi gejala penyakit. Saat ini, orang dengan sirosis yang telah parah direkomendasikan melakukan transplantasi hati.
Dan seperti penyakit apapun, cobalah untuk menghindari orang-orang yang sakit. Karena tubuh Anda tidak perlu stres tambahan untuk memerangi infeksi virus. Pastikan untuk berbicara dengan dokter maupun pakar yang ahli dalam bidangnya sebelum beralih ke diet untuk sirosis hati.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar